Lintas DaerahTak Berkategori

93.331 Keluarga Miskin Bangkalan Terima BPNT

BANGKALAN, SENAYANPOST.com – Program bantuan pangan bagi keluarga miskin di Bangkalan terus berguilir. Sebanyak 93.331 keluarga yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan, Madura, menerima program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial.

Menurut Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan Didik Yanuardi peluncuran pencairan program bantuan itu telah dilakukan pada 20 Juni 2019 dan saat ini pencairan mulai dilakukan.

“Bantuan ini dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, untuk membantu warga miskin dan kurang mampu,” katanya, Sabtu (29/6/2019).

Total dana yang disediakan pemerintah untuk program ini sebesar Rp9 miliar. Pola pencairan secara rutin setiap bulan sesuai kebutuhan.

Menurut Didik, penerima bantuan adalah pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) dan besaran bantuan Rp110 ribu.

“Bantuan ini tidak bisa diambil berupa uang. Tapi harus ditukarkan dengan kebutuhan bahan pokok. Jadi, pemerintah tidak memberi uang, tapi barang,” katanya.

Didik lebih lanjut mengatakan, KKS itu serupa dengan kartu ATM, dan hanya bisa digesek atau ditukarkan di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh Dinsos Bangkalan, yang disebut dengan “e-warung”.

“E-warung ini disediakan oleh dinsos, dan ditandai dengan stiker yang menandakan bahwa KKS bisa digesek ditempat tersebut. ‘e-warung’ ada setiap desa. Kisarannya setiap desa ada sekitar 1-2 e-warung, tergantung luas dan jumlah penduduknya,” kata Didik..

Pemkab Bangkalan menyediakan sebanyak 470 warung elektronik (e-warung) untuk penyaluran bantuan program non-tunai, yakni bantuan pemerintah yang merupakan program konversi bantuan beras sejahtera ini.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close