Lintas Daerah

894 SMK di Jabar Terhubung Dunia Usaha dan Industri

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dewi Sartika mengungkapkan saat ini sebanyak 894 SMK di Jabar telah bermitra dengan kalangan industri atau perusahaan.

“Langkah kemitraan ini sebagai upaya penyesuaian kurikulum dengan dunia usaha atau dunia industri,” kata Dewi Sartika, di Bandung, Selasa (11/9/2019).

Ia menambahkan, Pemrov Jabar juga sudah menyelaraskan kurikulum 34 kompetensi keahlian dengan kebutuhan industri saat ini.

Hal ini untuk pembentukan kelas industry dengan pembelajaran berbasis Teaching Factory. Untuk bidang lainnya, Dinas Pendidikan telah berkoordinasi dengan dinas-dinas lainnya seperti Dinas Pariwisata kebudayaan, Dinas Perikanan dan Kealautan, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan dan dinas lainnya yang terkait dengan kompetensi Keahlian di SMK untuk program penyelarasan Kurikulum di SMK.

“Tujuannya menghasilkan lulusan-lulusan SMK yang memang sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satu caranya, seluruh SMK punya mitra dengan dunia usaha atau dunia industri,” katanya.

Jabar memiliki 2.950 SMK, sebanyak 9,6 persen di antaranya adalah SMK negeri dan Sebagian besar (SMK) dikelola swasta, dengan kurang lebih 110 kompetensi keahlian. Hal itu merupakan peluang serta potensi yang sangat strategis untuk bekerja sama dengan dunia industri. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close