Kriminal

86 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Ditangani Polda Bengkulu

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Dalam kurun Januari hingga Agustus 2018, Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu telah menangani sebanyak 86 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Bila dibandingkan dengan jumlah kasus yang ditangani tahun 2016 dan 2017, tahun ini ada tren penurunan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung, di Bengkulu, Selasa (4/9/2018).

Penurunan kasus tersebut, kata dia, tidak terlepas dari peran para polisi wanita (Polwan) yang fokus pada penanganan kasus-kasus kekerasan yang dialami para perempuan dan anak-anak.

Secara khusus Kapolda juga mengapresiasi kinerja anggota Polwan Bengkulu yang telah menuntaskan 15 kasus selama penyidikan. “Dua orang Polwan sudah ditugaskan di Kamtibmas, salah satu dari mereka sudah ada pendidikan PPA dan sudah 15 kasus diselesaikan dalam penyidikan,” ujarnya.

Menurut dia, pihak kepolisian dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak juga berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah yang menangani sehingga kasus-kasus yang terjadi diarahkan untuk diproses secara hukum.

Penyelesaian kasus secara hukum diharapkan memberi efek jera kepada pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak. Beberapa kasus yang telah ditempuh lewat jalur damai juga tetap dapat dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Kasus asusila ini cukup menjadi perhatian kepolisian dan kami harapkan dukungan dari masyarakat sehingga tidak ada lagi korban-korban kekerasan terutama bagi perempuan dan anak,” kata dia.

Sementara, data yang dimiliki Polda Bengkulu menyebutkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ditangani pada 2016 sebanyak 225 kasus, tahun 2017 sebanyak 222 kasus, dan tahun 2018 hingga bulan Agustus sebanyak 86 kasus. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close