Internasional

83 Kontainer Jatuh di Perairan Australia

SYDNEY, SENAYANPOST.com – Sebanyak 83 kontainer dilaporkan jatuh dari sebuah kapal kargo di tengah laut di lepas pantai New South Wales, Australia. Adapun, 30 unit kontainer mengalami kerusakan.

Kontainer tersebut berisi sejumlah produk barang saniter termasuk popok, masker, dan pembalut.

Insiden jatuhnya kontainer yang terjadi pada Kamis (31/5) lalu menimbulkan kekhawatiran terhadap bahaya bagi makhluk hidup di laut, seperti paus.

Kapal YM Efficiency sepanjang 268 meter itu dioperasikan oleh perusahaan pelayaran asal Taiwan, perusahaan transportasi Yang Ming Marine.

Dilansir dari BBC, Sabtu (2/6), video yang merekam detik-detik jatuhnya kontainer menunjukkan beberapa sudah dalam posisi terbuka dan tergantung di kapal.

Eksekutif direktur layanan jalan dan maritim Australia, Angus Mitchell mengatakan, muatan itu tidak berbahaya.

“Kontainer memiliki panjang 12 meter dan ada yang posisinya hampir menyentuh air,” katanya.

Juru bicara perusahaan Yang Ming mengonfirmasi, tidak ada barang berbahaya atau yang bisa mencemari laut di dalam kontainer.

“Tidak ada kekhawatiran keamanan tentang kondisi kapal itu,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Namun, beberapa warga khawatir muatan kapal yang jatuh ke laut dapat menimbulkan bahaya bagi paus bungkuk di sepanjang pantai.

“Berani-beraninya mereka mencemari perairan lokal kita juga migrasi paus,” kata seorang pengguna Twitter bernama Signflyer.

“Mereka harus mengumpulkan semua 83 kontainer,” sambungnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close