Internasional

80 Ribu Warga Kanada Tolak Biayai Kehidupan Harry dan Meghan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Belum lama ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mundur dari posisi senior keluarga kerajaan Inggris. Mereka pun akan melepas sebagian tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga kerajaan, sembari menyusun hidup baru dan menjadi independen secara finansial.

Akan tetapi, perjalanan yang akan dihadapi oleh pasangan ini tampaknya tak terlalu mulus. Sehari setelah keputusan Harry dan Meghan disetujui oleh Ratu Elizabeth II, sebuah organisasi nonprofit yang bernama Canadian Taxpayers Federation segera membuat petisi dan menolak untuk membiayai kehidupan Pangeran Harry dan Meghan.

Sementara, untuk beberapa waktu, pasangan tersebut dan anaknya, Archie Harrison, diketahui akan bermukim di Kanada dan juga Inggris.

Melalui petisi yang dibuat pada 14 Januari ini, organisasi tersebut mengatakan, mereka menyambut baik kedatangan Harry dan Meghan di Kanada. Namun, dengan syarat bahwa uang pajak yang dibayarkan rakyat Kanada tidak digunakan untuk membiayai kehidupan Harry dan Meghan.

“Semua orang mendoakan yang terbaik bagi Meghan dan Harry, dalam upaya mereka untuk menjadi mandiri secara finansial. Namun, kita harus menegaskan bahwa para pembayar pajak di Kanada tidak perlu membiayai (kehidupan) mereka,”sebut Aaron Wudrick, Federal Director dari Canadian Taxpayers Federation, seperti diumumkan dalam situs resmi organisasi tersebut.

“Canadian Taxpayers Federation membuat petisi ini untuk memastikan Perdana Menteri Justin Trudeau tahu, bahwa warga Kanada menyambut kedatangan pasangan ini dengan senang hati, selama mereka membayar kebutuhannya sendiri,” ujarnya menambahkan.

Menurut laporan Page Six, petisi ini sudah ditandatangani oleh lebih dari 80 ribu orang warga Kanada dan telah disampaikan kepada Trudeau pada Selasa (22/1). Media tersebut juga melaporkan bahwa 80 ribu orang yang menandatangani petisi itu menolak membiayai penjagaan keamanan Harry dan Meghan, selama mereka tinggal di Kanada.

Sementara, menurut Global and Mail, biaya keamanan Harry dan Meghan di Kanada bisa memakan hingga lebih dari 10 juta dolar AS (sekitar Rp 136 miliar) per tahun.

Di sisi lain, The Express melansir, Trudeau mengatakan bahwa belum ada keputusan mengenai rencana pembiayaan kehidupan Harry dan Meghan di Kanada. Pada Selasa lalu, Trudeau mengatakan, “Diskusi masih berlangsung dan saya belum punya kabar terbaru saat ini.”

Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kanada yang diperkirakan mencapai 37,59 juta orang di 2019, petisi ini belum cukup untuk dikatakan mewakili keinginan mayoritas warga Kanada.

Namun, adanya petisi itu melambangkan bahwa sebagian orang akan menolak menggunakan uang pajak mereka demi membiayai kehidupan Harry dan Meghan.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close