8 Universitas Terbaik Indonesia dalam Kampus Terbaik se-Dunia 2021

8 Universitas Terbaik Indonesia dalam Kampus Terbaik se-Dunia 2021
UGM

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi. Namun hanya sedikit universitas terbaik di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat bagus di tingkat global dalam QS World University Rankings.

Bahkan pada tahun ini, jumlah universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat global malah berkurang. Bahkan, jumlah universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia.

QS World University Rankings diluncurkan sejak tahun 2004. Ini adalah peringkat universitas paling populer di dunia yang membandingkan kualitas masing-masing perguruan tinggi.

QS World University Rankings dikelola oleh Quacquarelli Symond, lembaga penyedia layanan analisa internasional di sektor pendidikan. Terbaru, QS World University Rankings publikasikan rangking universitas terbaik di dunia dalam QS World University Rankings 2021.

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja jumlah universitas terbaik Indonesia di QS World University Rankings 2021 berkurang dibandingkan dengan QS World University Rankings 2020.

 
Berikut peringkat universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings 2021.

254. Universitas Gadjah Mada (UGM)
305. Universitas Indonesia (UI)
313. Institut Teknologi Bandung (ITB)
521-530. Universitas Airlangga (Unair)
531-540. Institute Pertanian Bogor (IPB)
751-800. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
801-1.000. Universitas Bina Nusantara (Binus)
801-1.000. Universitas Padjadjaran

Dengan demikian, hanya ada delapan univertas terbaik di Indonesia yang masuk daftar QS World University Rankings 2021.

Universitas Bina Nusantara menjadi satu-satunya universitas swasta terbaik di Indonesia yang masuk daftar QS World University Rankings 2021.

Pada tahun sebelumnya, ada sembilan universitas terbaik di Indonesia yang masuk daftar QS World University Rankings 2020.

Selain delapan universitas di atas, perguruan tinggi lain yang masuk daftar QS World University Rankings 2020 adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Selain penurunan jumlah universitas terbaik di Indonesia dalam daftar QS World University Rankings 2021, Indonesia juga kalah dibandingkan Malaysia. Ada 19 universitas terbaik di Malaysia yang masuk QS World University Rankings 2021.

Bahkan, salah satu universitas terbaik di berhasil menduduki peringkat 59 di QS World University Rankings 2021. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Malaya (UM).