Lintas Daerah

77 Truk Berat Bermuatan Berlebih Terjaring Razia di Tol

BEKASI, SENAYANPOST.com – Petugas gabungan menjaring 77 unit kendaraan truk berat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di ruas Karawang arah Cikampek, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018), karena terindikasi mengangkut barang melebihi beban yang seharusnya.

“Dari 77 unit kendaraan truk yang kami stop di area razia KM59A, sebanyak 55 di antaranya positif melanggar ketentuan beban muatan di atas 10 ton,” kata Staf Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Irwansyah di Kantor Jasa Marga Jakarta-Cikampek Rawapanjang, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jabar, Selasa.

Menurut dia, beban muatan yang diperbolehkan melintasi Tol Jakarta-Cikampek maksimal 10 ton guna menghindari perlambatan kecepatan pada arus lalu lintas di jalan tol.

“22 kendaraan yang dinyatakan tidak `overload`, diketahui berkecepatan di bawah standar 60 kilometer per jam dan dikenakan sanksi teguran,” katanya.

Untuk truk bermuatan melebihi kapasitas diberikan tindakan tegas berupa penilangan secara elektronik oleh petugas patroli jalan raya (PJR).

Irwan menambahkan 55 kendaraan yang diketahui mengalami kelebihan muatan, juga ada sebagian yang terdeteksi memodifikasi fisik kendaraanya hingga kelebihan dimensi.

“Yang `over` dimensi juga kami kenakan tilang sebab membahayakan pengguna jalan lainnya,” katanya, seperti.dikutip Antara.

Irwan menjelaskan kendaraan barang yang kelebihan muatan merupakan salah satu penyebab terbesar terhadap kerusakan konstruksi jalan.

“Beban `tonase` yang berat kerap membuat badan jalan tol rusak, ditambah lagi faktor cuaca yang bila terjadi hujan dengan intensitas panjang bisa mempercepat kerusakan badan jalan,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close