Lintas Daerah

77.000 Ekor Baby Lobster Sitaan Dilepasliarkan di Gunungkidul

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Yogyakarta pada Sabtu (25/5/2019) dinihari  sekitar  01.00 melepasliarkan 77.000 ekor baby lobster atau benih lobster senilai Rp11,5 miliar.

Baby lobster yang dilepasliarkan ini, merupakan  hasil pengagalan upaya penyelundupan ke Singapura yang dilakukan oleh petugas Direktorat Poair Polda  Riau Kamis (23/5/2019) kemarin.

Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta, Hafit Rahman mengatakan pelepasliaran baby lobster mengambil lokasi di perairan pantai Kukup Gunungkidul.

“Pemilihan lokasi pelepasliaran di perairan Gunungkidul sesuai dengan rekomendasi dari Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir – PSPL dan Laut – Serang,” katanya.

Selain kondisi pantai yang berkarang dengan kondisi perairan yang cukup baik, ujarnya, di kawasan Pantai Kukup juga terdapat Kelompok Masyarakat Pengawas yang turut berperan aktif dalam kegiatan pengawasan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan.

Hafit Rahman menambahkan melalui kegiatan pelepasliaran ini diharapkan dapat menjaga kelestarian sumber daya ikan khususnya lobster dan juga menambah populasi lobster di perairan Gunungkidul.

Dalam peraturan Menteri Kelautan dan Perkikanan disebutkan, lobster tidak boleh ditangkap ketika tidak dalam keadaan bertelur, atau panjang kerapas kurang dari 8 cm atau berat belum mencapai 200 gram per ekor.  (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close