Lintas Daerah

7 Warga Purwakarta Dijemput dengan Kuda Usai Sembuh dari Corona,

PURWAKARTA, SENAYANPOST.com – Penyambutan unik dilakukan masyarakat Purwakarta, Jawa Barat, kepada tujuh warga yang dinyatakan sembuh dari corona Covid-19.

Mereka disambut dengan menunggangi kuda. Sebelumnya, sebanyak 14 orang yang positif corona diisolasi mandiri oleh warga dengan konsep karantina komunal di dua lokasi berbeda.

Lalu hari ini, Sabtu (6/6/2020), sebanyak 7 orang dari balai karantina dinyatakan negatif berdasarkan dua kali hasil swab.

“Mereka disambut dengan menunggangi kuda. Lalu mereka sarapan bubur,” kata anggota DPR RI Dedi Mulyadi dikutip dari Kompas.com


Dedi mengatakan, penyambutan dengan kuda terhadap warga yang sembuh corona adalah simbol mereka sudah siap untuk bekerja menekuni profesi masing-masing.

“Dan, mereka siap ke medan perang kehidupan untuk mencari nafkah demi keluarga,” kata Dedi.

Menurut Dedi, warga yang diisolasi mandiri merasakan pola makan yang enak dan teratur selama dikarantina. Bahkan, kata Dedi, mereka mengaku makanannya lebih enak di balai karantina ketimbang di rumah sendiri.

“Mereka rata-rata berat badannya naik. Ada yang 5 kilogram, bahkan ada pula yang 8 kilogram,” katanya.

Saat ini, lanjut Dedi, masih ada 4 warga positif Covid-19 yang diisolasi mandiri. Mereka diperkirakan dua hari ke depan sembuh dan negatif corona.

Ditanya soal jumlah warga yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP) di Purwakarta, Dedi mengatakan, saat ini sudah nihil.

“Purwakarta sudah tidak memiliki lagi ODP dan PDP, sudah bersih. Purwakarta sudah zona hijau,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Elitasari membenarkan tujuh warga yang diisolasi mandiri sudah sembuh dari corona.

“Mereka sudah negatif (berdasarkan) dua kali hasil swab,” kata Elitasari.

Sementara itu, empat warga positif corona lainnya yang masih diisolasi, menurut Elitasari, saat ini dalam kondisi baik.

“Masih dalam kondisi baik sekali. Masih menunggu hasil swab,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close