Politik

65 Bacaleg Jombang Dicoret KPU, Terbanyak dari NasDem

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang mencoret 65 bacaleg (bakal calon legislatif). Mereka rata-rata tidak bisa memenuhi syarat administratif yang telah ditentukan.

Demikian ditegaskan Divisi Teknis KPU Jombang M Ja’far, Senin (13/8/2018).

“Ada 65 bacaleg yang TMS (tidak memenuhi syarat). Mereka tidak masuk dalam DCS (daftar caleg sementara),” ujar Ja’far.

Jafar menjelaskan, ada 14 parpol yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Jombang. Dari jumlah itu, terdapat 574 bacaleg. KPU kemudian melakukan seleksi adminstratif. Hasilnya, terdapat 65 bacaleg yang tidak memenuhi syarat. Sehingga jumlah bakal calon yang masuk dalam DCS sebanyak 509 orang.

“Tidak memenuhi syarat administratif yang dimaksud semisal, ijazah bacaleg tersebut tidak dilegalisir, tidak menyertakan surat keterangan sehat jasmani rohani, serta tidak melampirkan surat keterangan dari pengadilan,” kata Ja’far.

Ja’far merinci, parpol yang bacalegnya banyak dicoret adalah Partai NasDem. Tidak tanggung-tanggung, terdapat 34 bacaleg yang terganjal syarat admintrasi. Kemudian Partai Hanura sebanyak 13 bacaleg yang dicoret.

“Partai lainnya hanya satu atau dua bacaleg yang dicoret karena tidak bisa memenuhi syarat administrasi. Totalnya ada 65 bacaleg,” kata Ja’far. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close