Musik

60 Tahun Usia Tangga Lagu Billboard Hot 100, Madonna Jadi Ratunya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tangga lagu Billboard Hot 100 sudah berusia 60 tahun terhitung sejak kelahirannya pada 4 Agustus 1958. Dalam rangka perayaan ulang tahun itu, Billboard mengeluarkan daftar Top 60 Female Artists of All-Time on the Billboard Hot 100 atau 60 artis musik solo perempuan dengan pencapaian terbaik sepanjang sejarah Billboard Hot 100.

Dengan 57 perolehan pada berbagai posisi Hot 100 dan 12 pencapaian pada puncak tangga lagu tersebut, Madonna menjadi yang teratas. Ikon pop itu juga mencetak 7 lagu dalam rekapitulasi 600 lagu top sepanjang masa pada Hot 100.

“Like a Virgin”, lagu pertama Madonna yang sampai di puncak Hot 100, memimpin dalam rekapitulasi itu. Lagu tersebut berada di posisi teratas selama enam minggu sejak 22 Desember 1984. Lagu itu juga menjadikan Madonna menduduki puncak daftar 10 besar dari 38 artis musik solo perempuan dalam Hot 100.

Mariah Carey berada di peringkat kedua. Ia 18 kali berada di puncak Hot 100, yang terbanyak untuk para artis musik solo perempuan. Ia juga mengumpulkan jumlah minggu terbanyak berada di urutan pertama dari 79 artis musik solo perempuan. Di bawah Madonna dan Mariah Carey, ada Janet Jackson, mendiang Whitney Houston, dan Rihanna dalam daftar lima besar.

Rihanna 14 kali menduduki posisi teratas Hot 100, terhitung sejak ia masuk ke anak tangga tersebut dengan lagu pertamanya, “Pon de Replay” dari album Music of the Sun, yang dirilis pada 2005. Itu menjadikan ia berada di tempat ketiga dalam Top 60 Female Artists of All-Time on the Billboard Hot 100.

Dalam daftar 10 besar, juga ada mereka yang mulai berkarier dalam industri musik pada era 2000-an. Contohnya, Taylor Swift di posisi kedelapan dan Katy Perry di urutan kesembilan.

Daftar Top 60 Female Artists of All-Time on the Billboard Hot 100 disusun berdasarkan hitungan atas pencapaian mingguan dalam Hot 100 dari 4 Agustus 1958 hingga 21 Juli 2018.

Semua lagu diberi peringkat berdasarkan sistem penghitungan: minggu kumulatif di posisi puncak mendapat nilai terbesar dan minggu kumulatif di urutan lebih rendah mendapat nilai paling kecil.

Karena perubahan tahun demi tahun dalam metodologi penghitungan tangga lagu, dilakukan pembedaan era untuk menghitung nilai perputaran tangga lagu dalam berbagai periode. Artis-artis kemudian diberi peringkat berdasarkan sebuah formula yang memadukan pencapaian yang diuraikan di atas dari semua posisi yang mereka tempati dalam Hot 100.

Billboard Hot 100 merupakan sebuah tangga lagu yang memuat 100 lagu terlaris di AS. Tangga lagu itu diterbitkan setiap minggu oleh majalah Billboard dan dijadikan standar resmi popularitas sebuah lagu di AS.

Billboard Hot 100 merupakan daftar peringkat untuk 100 lagu berdasarkan penjualan dan pemutaran di radio-radio di wilayah AS.

Tanpa memisahkan daftar artis musik perempuan dari daftar artis musik pria, hingga kini yang paling banyak mencapai puncak Hot 100 adalah The Beatles, dengan total 20 lagu.

Sementara itu, di urutan kedua ada Mariah Carey dengan 18 lagu yang menduduki tempat teratas Hot 100. Ia juga merupakan artis musik dengan minggu terlama di posisi pertama, yaitu 93 minggu. Lagu terlama yang menghuni puncak Hot 100, yaitu selama 16 minggu, adalah “One Sweet Day” dari Mariah Carey.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close