Lintas Daerah

541 Hektare Hutan Mojokerto Terbakar

MOJOKERTO, SENAYANPOST.com – Selama bulan September hingga awal Oktober 2018 kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau di Kabupaten Mojokerto meningkat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mencatat, sejak September hingga pertengahan Oktober, 541 hektare hutan di Kabupaten Mojokerto ludes terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Mochammad Zaini mengatakan, karhutla yang terbakar tersebut berada di dua wilayah.

“541 hektare itu merupakan hutan di wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo dan Perusahan Hutan Negara Indonesia (Perhutani),” ungkapnya, Rabu (17/10/2018).

Menurut Zaini, lahan Tahura sekitar 10 ribu hektare, yang terbakar seluas 299 hektare. Kemudian wilayah Perhutani total luasnya 14.521 hektare, yang terbakar 242 hektare. Untuk jalur pendakian yang melintasi kawasan hutan Tahura dan Perhutani di Kabupaten Mojokerto, sebagian masih ditutup hingga saat ini.

“Tapi kemarin kami sudah sepakat, keputusan ini kami serahkan ke masing-masing pengelola. Kepada para pendaki yang bermalam di hutan, agar tetap menjaga alam dengan cara tidak membuat perapian saat di tengah hutan karena bisa menjadi pemicu kebakaran,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close