Nasional

50 Ulama Sejumlah Negara akan Lahirkan Bogor Message

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban, Din Syamsudin menuturkan, setidaknya 50 ulama dari berbagai negara akan berkumpul di Bogor pada pekan depan. Para ulama ini berkumpul untuk melakukan konsultasi tingkat tinggi mengenai Wasatiyyat Islam.

Din menuturkan, para ulama yang datang ke Bogor ini tidak semuanya berasal dari negara-negara Muslim, atau dari negara anggota OKI. Tetapi akan ada juga ulama dari negara Barat, seperti dari Amerika Serikat (AS), Inggris dan banyak negara Eropa lainnya.

“Yang kita undang tidak berdasarkan jumlah atau asal negara, tetapi kepada ketokohan dalam Islam. Ada yang kita undang bukan dari negara mayoritas Islam atau anggota OKI, seperti AS, Korea, Inggris, China, Prancis, Australia, Jepang,” ucap Din pada Rabu (25/4).

“Satu negara tidak hanya mengirimkan satu perwakilan, ada juga yang dua atau tiga. Bahkan dari Mesir membawa jumlah 14 orang dengan pesawat khusus. Dari sudut negara, setidaknya yang hadir berasal dari 40 negara,” sambungnya.

Din kemudian menuturkan makna dari Wasatiyyat Islam. Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia itu menyatakan Wasatiyyat Islam berbeda dengan Islam moderat. Dia menyebut Wasatiyyat adalah sebuah proses jalan tengah dan konsep Islam sentral.

Dia menambahkan, akan ada sebuah dokumen akhir yang akan disepakti bersama di akhir pertemuan. Dokumen itu akan bernama Bogor Message.

“Konsultasi ini akan menghasilkan Bogor Message. Dokumen penting yang bisa menjadi acuan umat manusia dalam mengembangkan peradaban melalui prinsip jalan tengah,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close