Hot Isu

50 Persen Kawasan Ibu Kota Baru Adalah Ruang Terbuka Hijau

JAKARTA, SENAYANPOST.com – 50 persen kawasan Ibu kota negara (IKN) baru akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk mendukung konsepnya sebagai forest city atau kota hutan. Konsep ini menjadi keharusan pemerintah dalam upaya menjaga kelestarian alam Kalimantan yang akan ditempatinya.

Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan IKN akan menjaga kelestarian hutan sehingga Ruang Terbuka Hijau (RTH) akan dialokasikan minimal 50% dari total luas area kota.

“Ada empat visi IKN, yaitu sebagai simbol identitas bangsa, kota yang smart, green, beautiful, dansustainable, kota yang modern dan berstandar internasional, dan kota dengan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Menteri Bambang menekankan, IKN akan berfungsi sebagai pusat pemerintahan, sementara fungsi lainnya masih berada di Jakarta. IKN akan dirancang sebagai representasi identitas bangsa yang digambarkan melalui Monumental Building, Museum, dan Cultural Exhibition Area.

“Selain itu, prinsip Intelligent City dan City-in-a-Garden membuat IKN akan mengintegrasikan sistem taman, aliran air, wetland, hutan, dan ruang terbuka menjadi satu kesatuan,” ujarnya.

IKN pun akan menjadi kota yang sarat dengan bangunan dan perumahan berprinsip hijau dengan efisiensi energi, air dan bahan yang tinggi, sirkulasi yang baik untuk menjamin kesehatan masyarakat serta sistem daur ulang yang terintegrasi.

“IKN juga akan memanfaatkan energi terbarukan dan rendah karbon untuk suplai energi dan gas. Untuk efisiensi dan konservasi energi diperlukan greenbuildingdesignmelalui penerapan Circular Water Management System, EfficientLighting System, dan District Cooling System,” ujarnya.

Seperti diketahui, gagasan rencana dan kriteria desain Ibu Kota Negara terus dimatangkan. Setelah mengkerucut di Kalimantan, pemerintah baru-baru ini memberikan bocoran mengenai ibu kota negara (IKN).

Dalam sebuah dokumen Gagasan dan Rencana Design Ibu Kota Baru, Kementerian PUPR, design didasari oleh visi ibu kota menjadi katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia. Di mana, IKN harus menjadi representasi kemajuan bangsa yang unggul.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close