Otomotif

5 Mobil Bekas Paling Banyak Dibeli di Indonesia Tahun Lalu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dibandingkan dengan mobil baru, penjualan mobil bekas (mobkas) tak kalah menarik dan cukup diminati oleh konsumen. Di pasaran, ada beberapa mobkas yang terus dicari konsumen, meski sejumlah model terus berganti dengan yang baru.

Situs jual beli online mencatat, Toyota Avanza merupakan mobil bekas paling diminati pada tahun 2019. Adapun posisi kedua hingga kelima untuk mobil paling diminati secara berturut-turut ditempati: Toyota Innova, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, dan Honda Brio.

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43.000 unit.

“Kurang lebih pada 2018 dan 2019 sama, soalnya model-model ini cukup konsisten penjualannya sejak beberapa tahun terakhir,” ujar Agung Iskandar, Director of Growth and Partnership OLX Indonesia.

Sementara Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, model-model tersebut memiliki harga yang bertahan di pasaran. Misalnya, Avanza lansiran 2010, saat ini harganya masih dipatok di kisaran Rp 95 jutaan sampai Rp 105 jutaan.

Sementara Honda Jazz keluaran 2009 dibanderol di kisaran harga Rp 115 jutaan sampai Rp 125 jutaan. “Padahal usia mobil sudah masuk 10 tahun, dan harga saat masih baru ada di sekitar Rp 200 jutaan,” kata Herjanto.

“Artinya, penyusutan harganya sedikit. Untuk mobil Jepang, rata-rata depresiasi harga sekitar 15 persen hingga 25 persen,” imbuh Herjanto

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close