Nasional

5 Hari Beroperasi, RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran Rawat 328 Pasien

JAKARTA, SENAYANPOST.com – RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran kembali menerima puluhan pasien terkait kasus virus corona. Tercatat hingga Sabtu (28/3) pukul 07.30 WIB, atau lima hari setelah dibuka, jumlah pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet mencapai 328 orang.

“Pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet 328 orang. 188 pria dan 140 wanita,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Yudo Margono, Sabtu (28/3).

Jumlah pasien yang dirawat karena corona dalam sehari bertambah sebanyak 54 orang. Sejak Jumat (27/3) pukul 20.00 WIB, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang 7 orang karena sudah dinyatakan sembuh.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 10 orang, sehingga kini totalnya menjadi 45 orang. “Pasien positif COVID 76 orang, PDP 207 orang, ODP 45 orang,” ucap dia.

Menurut Yudo, jumlah pasien yang datang rata-rata setiap harinya tak berbeda jauh dengan tambahan ODP maupun PDP. “Rata-rata sesuai keterangan (tambahan data),” katanya. Sejak dibuka Senin (23/3) kemarin, RS Darurat Wisma Atlet terus menerima pasien-pasien kasus virus corona.

Namun, tak semua pasien bisa dirawat di RSD ini. Beberapa kriteria pasien yang bisa diperiksa adalah:

1. Berusia 15 tahun ke atas

2. Tidak menerima pasien non-corona atau berpenyakit lain

3. Hanya menerima pasien gejala ringan sedang. Bagi yang bergejala berat, akan dirujuk ke RS khusus penanganan corona yang telah ditunjuk, seperti RSPI Sulianti Sarono dan RSUP Persahabatan.

4. Bersifat self healing. Pasien yang dirawat akan dikarantina dan oleh petugas medis akan membantu mengembalikan imun serta daya tahan tubuh.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close