46 Siswa Sekbang Terpadu TNI Segera Akhiri Masa Pendidikan

14:15
267

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Komandan Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Marsma Novyan Samyoga, Minggu (13/8/2017) pagi menyematkan Wing Penerbang kepada 46 siswa Sekolah Penerbang Terpadu TNI Angkatan ke-91.

Upacara penyematan Wing Penerbang  di Apron Base Ops Lanud Adisutjipto ini menandai berakhirnya masa pendidikan di Sekolah Penerbang (Sekbang) dan mereka akan segera dilantik sebagai penerbang TNI pada  19 Agustus mendatang oleh KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto.

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma Novyan Samyoga dalam sambutannya mengatakan, tujuan tradisi Penyematan Wing ini adalah untuk menghantarkan para calon penerbang muda ke depan pintu gerbang dalam pengabdian yang sesungguhnya.

“Selain itu untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dan dewasa dalam menghadapi tugas dan tantangan kedepan, sebagai insan Dirgantara,” katanya.

Wing Penerbang, lanjut Novyan, merupakan bukti secara akademis telah memenuhi pesyaratan menjadi seorang penerbang.

Danlanud berharap bahwa para siswa sekbang benar-benar mampu menjadi penerbang yang ulet, handal dan dapat dibanggakan.

Selanjutnya selaku senior, saya berpesan agar kalian tetap giat dan selalu bersemangat untuk belajar. Jangan pernah berhenti mengisi diri dengan menambah wawasan dan pengetahuan

Sementara Kastandevaldik (Kepala Standarisasi Evaluasi dan Pendidikan) Wingdikterbang (Wing Pendidikan Terbang)  Mayor (Pnb) Surono usai penyematan Wing penerbang mengatakan, Sekbang ke- 91 ini merupakan Sekbang Terpadu TNI.

Mereka berasal dari tiga Matra TNI,  yaitu alumni Akademi Angkatan Udara (AAU), Akmil, dan AAL. Dari 46 penerbang tersebut, 8 orang masuk jurusan Helikopter,  14 orang jurusan Angkut, dan 13 Orang jurusan Tempur.

Mereka yang berasal dari TNI Angkatan Udara, ujarnya, akan ditempatkan di berbagai skadron TNI AU.

“Sedangkan delapan orang dari TNI AD akan dikembalikan ke Puspenerbad – Pusat penerbangan Angkatan Darat, dan tiga orang dari TNI AL akan dikembalikan ke Puspenerbal atau Pusat Penerbangan Angkatan Laut,” ujarnya.

Penyerahan Wing Penerbang ini dikemas dalam suatu acara Tradisi Militer yang diawali dengan pendadakan di Mess Wirambara menjelang tengah malam.

Setelah itu pasukan dibawa ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto untuk melaksanakan ziarah dan penghormatan.

Comments

comments