Politik

45,8% Masyarakat Puas Kinerja Jokowi Bela Agama

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Parameter Politik merilis hasil survei di mana masyoritas masyarakat puas dengan kinerja Presiden Jokowi dalam membela dan memberikan dukungan terhadap kepentingan pemeluk agama.

“Mayoritas dan rata-rata mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mengatakan 45,8 persen begitu puas terhadap sikap dan pembelaan Jokowi terhadap semua agama yang ada di Indonesia,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

“Sementara 31,5 persen mengatakan kurang baik ataupun belum baik. Sementara yang menyatakan tidak menjawab itu 22,7 persen,” kata Adi.

Lebih spesifik lagi, hasil survei juga menunjukkan sebanyak 42,4 persen penganut agama Islam puas dengan kebijakan dan pembelaan Jokowi terhadap Islam. Sementara yang tidak puas ada sebanyak 33,2 persen dan tidak menjawab 24,4 persen.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pemilih yang beragama selain Islam cenderung memiliki tingkat kepuasan lebih besar kepada Jokowi, yakni 65,8 persen. Sementara yang tidak puas ada 21,9 persen dan tidak menjawab 12,3 persen.

Hasil survei yang menunjukkan tingginya tingkat kepuasan umat beragama, utamanya Islam, menurut Adi membuat tuduhan pemerintah antiumat dan antiulama otomatis gugur.

“Aktivitas Islam politik tak perlu lagi menuding pemerintah antiumat dan kriminalisasi ulama, Sebab mayoritas masyarakat menilai puas atas kinerja Jokowi terhadap semua agama,” kata Adi.

“Narasi negatif harus dihentikan diganti dengan konstruksi isu yang lebih membangun,” imbuh Adi.

Survei ini dilakukan Parameter Politik pada 5-12 Oktober 2019. Survei dilakukan kepada 1.000 orang yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling.

Survei memiliki margin of error sebesar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close