Polri

407 Kasus Berhasil Ditangani Satgas Pangan Polri

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Sebanyak 407 kasus terkait masalah pangan dan non pangan telah ditangani oleh Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri dari awal dibentuk pada tahun 2017 hingga saat ini.

“Selama ini sudah melaksanakan 407 lebih kasus atau pangan dan non pangan. Kebanyakan daerah mana, daerah (Pulau) Jawa dan Sumatera,” kata Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, usai Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Stok atau Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran 2018, di Kota Bandung, Jumat (23/3/2018).

Dia mengatakan, dari sebanyak 407 kasus yang ditangani, ada yang sampai meja hijau, dan ada juga yang tidak. Ia menganggap hal ini sebagai salah satu upaya untuk pembinaan. Contoh menjual beras tidak sesuai kriteria maka akan dilakukan pembinaan.

Dia mengatakan komoditas pangan yang paling banyak disalahgunakan oleh oknum tertentu diantaranya gula dan beras.

“Itu kasusnya spekulan ya (gula dan beras), kalau penyelundupan tidak ada sih sejauh ini,” kata Setyo.

Sementara itu, terkait menjelang bulan puasa tahun 2018, pihaknya telah siap untuk mengawasi distrubusi kebutuhan pokok di seluruh daerah.

“Tapi ketika di tingkat produksi ada penyimpangan maka kita akan melakukan tindakan hukum. Kemudian kita juga melakukan pemantauan stabilitas harga karena ini menjadi penting ketika stok cukup tapi di masyarakat harganya naik tinggi maka ini terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tingkat distribusi,” kata dia.

Satgas Pangan, menurut dia, akan memantau 11 kebutuhan pokok masyarakat. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close