Lintas Daerah

400 Hektare Sawah Baru Tahun Ini Selesai Dicetak

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Program cetak sawah baru di lahan seluas 400 hektare milik petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bantuan pemerintah pusat melalui Komando Rayon Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu, optimistis dapat diselesaikan dalam tahun ini.

“Tahun ini, kami yakin lahan seluas itu selesai dicetak menjadi sawah baru,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan, di Mukomuko, Senin (13/8/2018).

Ia menjelaskan, pelaksanaan program cetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare tahun ini, melanjutkan pencetakan lahan sawah baru seluas sekitar 600 hektare yang telah selesai 2017 di Kabupaten Mukomuko.

Berdasarkan data luas lahan yang dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru yang dikerjakan Korem 041 Gamas Bengkulu dari bidang sarana dan prasarana pertanian, untuk pencetakan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi lahan sawah baru seluas 17 hektare saat ini tersebar di beberapa desa yang berada dalam daerah irigasi teknis.

Sebagai pejabat pelaksana kegiatan (PPK) program cetak sawah baru tahun ini, instansinya rutin menerima laporan terkait luas lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru. Sekarang ini, ujar dia, kemungkinan ada lagi penambahan luas lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat yang telah dicetak menjadi sawah baru.

Ia menyatakan, Korem Bengkulu telah menerima pencairan dana cetak sawah baru tahap pertama sebesar 40 persen dan menggunakan dana cetak sawah sebesar Rp16 juta per hektare. Pelaksana program cetak sawah baru ini bisa mengajukan pencairan dana cetak sawah tahap kedua sebesar 30 persen setelah menyelesaikan pekerjaan fisik sebesar 70 persen. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close