33 Tewas Terpanggang di Bus yang Bertabrakan dengan Truk BBM di Kongo

33 Tewas Terpanggang di Bus yang Bertabrakan dengan Truk BBM di Kongo

KIBUBA, SENAYANPOST.com - Insiden tabrakan mengerikan terjadi antara truk bermuatan bahan bakar dengan bus yang penuh sesak berisi penumpang di Republik Demokratik Kongo (RD Kongo), akhir pekan. Akibatnya, 33 orang tewas dalam tabrakan itu.
 
Menurut Kapten Polisi Antoine Pululu kepada AFP, Selasa (3/8/2021), korban tewas dilalap api besar yang dipicu oleh tabrakan Sabtu malam tersebut.

Sumber polisi lain mengatakan, mayat-mayat korban hancur oleh api. Sisa dari jenazah yang berhasil ditemukan dikuburkan "dengan hormat" di Desa Kibuba pada Senin.

Kejadian mengerikan ini terjadi di dekat Kibuba di sepanjang rute nasional satu antara Kinshasa dan Kikwit sekitar 180 kilometer dari ibu kota Kinshasa.
 
Kecelakaan lalu lintas yang mematikan sering terjadi di Kongo dimana jalan-jalannya penuh dengan kendaraan tua yang seringkali tidak memenuhi standar keselamatan.
 
Selain itu infrastruktur jalanan sering dalam kondisi rusak parah. Kecelakaan makin sering terjadi ketika kendaraan banyak dibawa oleh pengemudi yang tidak terlatih dengan baik dan kerap mabuk saat mengemudi.
 
Kecelakaan truk tanker minyak besar terakhir di negara itu menewaskan 53 orang di sepanjang jalan utama lain antara Kinshasa dan pelabuhan laut barat Matadi pada Oktober 2018. Pada 2010, sedikitnya 230 orang tewas terbakar ketika sebuah truk tangki terbalik. (Jo)