284 Mahasiswa Indonesia di Turki Penerima Beasiswa Gulen

18:55
563

ANGKARA (SenayanPost.Com) – Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Wardana menyebutkan bahwa sebanyak 284 mahasiswa asal Indonesia memperoleh beasiswa dari sebuah organisasi yang berafiliasi dengan Fethullah Gulen. Fethullah Gulen, sosok yang disebut pemerintah Turki sebagai penggerak upaya kudeta.

“Dari total 739 mahasiswa Indonesia di Turki, 284 mahasiswa menerima beasiswa dari yang berafiliasi dengan Gullen,” kata Wardana dalam sebuah wawanca Live by Phone dengan Metro TV, Jumat (20/8).

Menurut Wardana, pihak KBRI juga sudah berkomunikasi intensif dengan para mahasiswa di berbagai kota. “Memang saya belum bisa memberikan data kongret mereka yang tinggal di asrama tersebut. Saya kira teman-teman mahasiswa menyadari sepenuhnya keluar dari asrama, untuk mencari tempat tinggal. Kami juga memfasilitasi jika mahasiswa di luar kota, kami memberikan rekomendasi kepada universitas untuk memberikan kesempatan tinggal di asrama universitas, dan lainnya,” tambah Wardana.

Dijelaskan, para mahasiswa Indonesia yang ditangkap adalah saat melakukan penangkapan di rumah-rumah atau asrama mahasiswa yang dikelola oleh yayasan yang berafiliasi dengan Fethullah Gulen.

Baca berita sebelumnya: Dua Mahasiswa Indonesia Ditangkap Aparat Turki

“Konteksnya aparat keamanan Turki melakukan razia di asrama-asrama terhadap kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Fethullah Gulen,” kata Wardana.

Wardana juga mengaku belum bisa menemui para mahasiswa yang ditangkap aparat keamanan Turki. Namun, setelah mendapatkan informasi ada penangkapan, KBRI langsung menuju ke aparat kepolisian untuk bisa berkomunikasi. “Namun karena tahap awal-awal, maka kami belum bisa berkomunikasi,” pungkasnya.(ANT)

Comments

comments