Sains

263 Satwa Offsetan Milik Museum Bazoga Dimusnahkan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jabar memusnahkan 263 satwa offsetan (diawetkan) milik koleksi museum Bandung Zoological Garden (Bazoga), Rabu (28 /8/2019).

Menurut analis data sekse Konservasi Will III Jawa Barat, Dadang Hermawan, pemusnahan satwa offsetan ini dilakukan atas permintaan pihak Bazoga yang diajukan sejak September 2018 lalu.

Pihaknya kata Dadang, telah melakukan penelitian dan pengkajian terlebih dahulu sejak lama, dan baru hari ini dilakukan pemusnahan.

“Satwa offsetan yang dimusnahkan adalah mamalia, ada pula ikan-ikananan maupun avest,” katanya.

Dadang menambahkan, Pemusnahan ini sesuai Undang-Undang No. 5 tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 dan 8 tahun 1999 tentang pengawetan dan pemanfaatan satwa. Terlebih satwa offsetan yang dimusnahkan ini adalah yang sudah tidak terpakai sebagai alat Peraga untuk pendidikan dan penelitian.

Dadang menyebutkan, dalam UU No. 5/90 dan PP 7dan 8 ini, yang boleh melakukan offset satwa yang dilindungi adalah lembaga konservasi, salah satunya kebun binatang untuk keperluan pendidikan dan penelitian.

“Selain lembaga konservasi tidak boleh melakukan pengawetan satwa yang dilindungi apalagi memilikinya, jika melanggar akan dikenakan saksi pidana dengan ancaman 5 tahun,” tambahnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close