Lintas Daerah

252 Napi Lapas Mojokerto Terima Remisi Lebaran

MOJOKERTO, SENAYANPOST.com – Hari raya lebaran menjadi berkah bagi sejumlah napi. Sebanyak 252 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Mojokerto mendapat remisi yakni pengurangan masa hukuman dalam rangka lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Dua narapidana diantaranya langsung bebas.

Kepala Lapas Klas IIB Mojokerto, Hanafi mengatakan, dari total 391 narapidana, sebanyak 252 narapidana mendapatkan remiai. “Ini sesuai rekapitulasi pemberian remisi khusus Idul Fitri. Mereka dapat pengurangan tahanan dalam rangka lebaran Idul Fitri 1439 H,” ungkapnya, Jumat (15/6/2018).

Dari 252 narapidana yang mendapatkan remisi tersebut, setiap remisi yang diperoleh masing-masing narapidana jumlahnya berbeda-beda. Sebanyak 92 narapidana mendapat potongan tahanan selama 15 hari, sebanyak 138 orang memperoleh remisi satu bulan tahanan.

“Tujuh narapidana dapat remisi selama 1 bulan 15 hari. Dari 92 narapidana yang mendapat remisi 15 hari tersebut, dua narapidana diantaranya langsung bebas. Jumlah tersebut sesuai yang diusulkan ke Kementerian Hukum dan HAM,” katanya.

Hanafi menjelaskan seluruh narapidana yang memperoleh remisi tersebut harus memenuhi persyaratan berupa hak objektif dan subjektif. Syarat secara objektif yakni mereka sudah memenuhi aturan administrasi misalnya narapidana sudah menjalani minimal 6 bulan hukuman.

“Kalau secara subjektif mereka sudah menjalani seluruh program pembinaan di Lapas di antaranya pembinaan Rohani, kemandirian (kerajinan) dan tertib mengikuti seluruh aturan di dalam Lapas. Seluruh usulan tersebut yang sudah disetujui itu menunggu mekanisme pelaksanaannya,” ujarnya.

Pihaknya telah menerima SK otorisasi untuk ditandatangani dan dilaksanakan remisi tersebut. Untuk total penghuni Lapas Klas IIB Mojokerto sebanyak 719 orang di antaranya 391 narapidana dan 328 tahanan. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close