Internasional

22 Warga Sipil Suriah Tewas dalam Serangan Udara Rusia

DAMASKUS, SENAYANPOST.com – Sedikitnya 22 warga sipil dilaporkan tewas dalam serangan udara yang dilancarkan pesawat tempur Rusia hari ini, Kamis (28/6).

Serangkaian serangan udara itu diarahkan ke wilayah-wilayah di Suriah selatan yang dikuasai pemberontak.

“Setidaknya 35 serangan udara Rusia menghantam kota Al-Mseifra,” demikian disampaikan kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/6/2018).

“Salah satu serangan mengenai ruang bawah tanah tempat orang-orang berlindung, menewaskan 17 warga sipil, termasuk lima anak-anak,” imbuh kelompok tersebut.

Lima warga sipil lainnya tewas dalam serangan udara Rusia di wilayah Daraa, provinsi utama di Suriah selatan yang juga dikuasai pemberontak. “Ini angka tertinggi sejak eskalasi dimulai pada 19 Juni,” ujar Kepala Observatory, Rami Abdel Rahman.

Observatory menyatakan, pihaknya memastikan siapa yang melakukan serangan-serangan udara berdasarkan jenis pesawat dan munisi yang digunakan, lokasi dan pola penerbangan.

Observatory juga mengatakan, serangan-serangan udara Rusia pada Selasa (19/6) malam lalu telah menyebabkan rumah sakit di Al-Mseifra berhenti beroperasi.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari otoritas Rusia maupun Suriah mengenai serangan udara tersebut.

Rusia mulai melancarkan serangan-serangan udara terhadap kelompok radikal ISIS dan para pemberontak di Suriah sejak tahun 2015. Berkat dukungan serangan-serangan udara Rusia, rezim Suriah telah berhasil merebut kembali separuh wilayah negara tersebut dari tangan ISIS dan pemberontak. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close