Lintas Daerah

Musim Kemarau Banyak Penyakit, Dinkes Cianjur Keluarkan Surat Edaran

Penulis Rifqaiza Pravangesta

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Penyakit yang rentan terjadi saat musim kemarau membuat Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mengeluarkan surat edaran ke masing-masing puskesmas untuk melakukan pencegahan.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Tresna Gumilar saat dihubungi di Cianjur, Kamis (18/7/2019), mengatakan DBD cukup rentan terjadi pada peralihan musim, baik dari kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya.

Selain DBD, katanya, yang marak terjadi juga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare.

“DBD yang paling rentan terjadi saat peralihan dari kemarau ke musim hujan. Sehingga kami mengirimkan surat edaran ke masing-masing puskemas untuk dilanjutkan ke warga guna menerapkan pola hidup sehat,” katanya.

Untuk mencegah DBD, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran dan imbauan ke setiap puskesmas sejak beberapa waktu lalu, agar petugas dari puskesmas bergerak untuk meneruskan imbauan pada warga, untuk melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat.

“Menjalankan gerakan 3M, menutup, menguras dan mengubur objek-objek yang mendukung siklus hidup dan berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD,” katanya.

KOMENTAR
Show More
Close