2021, Pengusaha Muda Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 4 Persen

2021, Pengusaha Muda Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 4 Persen
ilustrasi pertumbuhan ekonomi (foto Merdeka.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berlanjut hingga di 2021 mendatang. Saat ini saja, ekonomi mulai bergerak positif meski masih terkontraksi atau minus di Kuartal III-2020.

Ketua bidang Keuangan dan Perbankan Hipmi, Ajib Hamdani bahkan merasa yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan berkisar 3 hingga 4 persen. Optimisme ini pun tercermin dari rancangan APBN 2021 yang dinilai pro terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Hipmi melihat masih positif, temanya (rancangan APBN 2021) mewujudkan dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Perkiraan ini 2021 kita bisa positif 3 hingga 4 persen," ujar Ajib dalam diskusi di Graha BNPB, Selasa (10/11).

Namun Ajib mengingatkan, cepat lambatnya pemulihan ekonomi nasional tergantung dengan kecepatan dan ketepatan pemerintah dalam mengeluarkan beberapa kebijakan penanganan pandemi.

Misalnya saja, penyaluran bantuan presiden kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dia menyebutkan data yang diterima Hipmi realisasi Banpres sebesar 70 persen. Secara persentase, angka ini cukup lambat untuk mengejar target pemulihan ekonomi di 2021.

"Jadi ini tergantung pemerintah gagasannya sudah cukup, tapi implementasi mereka banyak yang meleset," tuturnya.

Ajib menambahkan, jika realisasi sudah maksimal kuartal IV, ekonomi Indonesia bisa saja tumbuh positif dan keluar dari label resesi.

"Prediksi di kuartal IV nanti kita akan positif dan harapan besar kita secara agregat kita lebih positif jadi ini memerlukan kecepatan," tandasnya. (ws)