Ekonomi

2017, Ekspor Komponen Otomotif Naik 13 Kali Lipat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebut industri otomotif nasional tumbuh cukup signifikan sepanjang tahun lalu.

Hal itu mengemuka saat Airlangga menyampaikan pidato di acara seremonial ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kembali dihelat di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Airlangga menyebut, pertumbuhan pesat itu terlihat dari angka produksi kendaraan bermotor roda empat yang meningkat menjadi 1,216 juta unit di tahun 2017, sedangkan di 2016 angkanya masih 1,177 juta unit.

Menperin menilai, pesatnya pertumbuhan industri otomotif juga lantaran meningkatkan ekspor unit kendaraan utuh (CBU) sebanyak 231.000 unit pada tahun 2017 dari 194.000 unit pada tahun 2016.

“Ekspor komponen otomotif meningkat 13 kali menjadi 81 juta komponen pada tahun 2017 dari 6,2 juta komponen pada tahun 2016,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga menilai, sektor otomotif memberikan kesempatan kerja kepada lebih dari 1,5 juta orang.

Lapangan pekerjaan itu terdiversifikasi ke dalam industri perakitan, komponen lapis petama hingga ketiga, selain juga di level bengkel resmi.

Senada, Presiden Jokowi menyampaikan perlunya industri otomotif nasional bersiap menghadapi Revolusi Industri Keempat. Jokowi meyakini dalam Revolusi Industri keempat, nantinya sektor otomotif dapat tumbuh dengan pesat di tengah era “economic sharing”.

“Pertumbuhan sektor otomotif akan melonjak, jumlah tenaga sektor transportasi akan bertambah, bukan berkurang,” pungkas Jokowi.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close