Politik

20 Ribu ‘Goodybag’ Prabowo-Sandi Dibagikan ke Pasar Tradisional

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi menyiapkan 20 ribu kantong belanja atau goodybag untuk disebar ke pasar-pasar tradisional di tiga wilayah zona waktu di Indonesia.

Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Mohamad Taufik mengatakan goodybag berbahan kertas tersebut nantinya bakal ditukarkan kepada para pedagang di pasar tradisional yang masih menggunakan kantong plastik.

Sedangkan untuk tahap awal ini tiga wilayah yang dituju adalah Jakarta, Pekanbaru, dan Semarang.

“Kenapa Seknas memperhatikan ini karena menurut para ahli lingkungan, sampah plastik sangat sulit didaur ulang dan bahaya buat lingkungan,” kata Taufik di Jakarta, Minggu (6/1) yang dikutip dari CNN Indonesia.

Taufik mengatakan mulai besok dengan melibatkan para relawan, goodybag bergambar muka Prabowo-Sandi disebar ke pasar-pasar. Pria yang juga dikenal sebagai Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta itu mengatakan dalam satu pasar bakal ada lima relawan yang bergerak.

Menurutnya pasar tradisional dipilih karena di lokasi tersebut merupakan salah satu tempat penghasil sampah plastik terbanyak. Untuk Jakarta saja, kata dia, sekarang memiliki 153 pasar.

“Jadi kami pertama pasar tradisional. Karena yang kami lihat pasar tradisional, sedangkan mall-mall itu udah pakai paper bag. Jadi pertama ya pasar tradisional di tiga kota itu,” ucap pria yang pula dikenal sebagai Wakil Ketua DPRD DKI tersebut.

Selain itu kata Taufik tiga wilayah tersebut dilipih untuk tahap awal karena melihat kesiapan relawan. Menurutnya baru tiga wilayah itu yang lebih dulu siap untuk program goodybag ini. 
Selain pasar, sambung Taufik, pihaknya juga akan berjaga di dermaga menuju Pulau Seribu untuk penukaran goodybag.

“Kami akan tukarkan juga di dermaga penyebrangan dari Jakarta ke Pulau Seribu. Jadi Pulau Seribu ini sampah plastiknya sangat mengkhawatirkan. Makanya kami akan tukarkan orang yang membawa bawaan pake kantong plastik, pakai ini,” kata Taufik. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close