Lintas Daerah

20 Persen Angkutan Umum di Garut Tidak Layak Jalan

GARUT, SENAYANPOST.com – Sebanyak 1.005 kendaraan angkutan umum seperti elf, dan bus, juga 11.490 unit mobil penumpang angkutan kota (angkot) di Kabupaten Garut dinyatakan tidak layak jalan.

“Itu 20 persen dari kendaraan angkutan umum di Garut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman Mustofa, di Garut, Selasa (12/2/2019).

Indikator ketidaklayakan itu bervariatif, seperti: aksesoris yang tidak layak, ban kendaraan, wiper, pun kelengkapan administrasi. Dan tidak hanya dari kendaraan, pengemudi juga kadang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), dan tidak memiliki bukti uji Kir.

Suherman kemudian menjelaskan, apabila pengusaha tidak melakukan langkah perbaikan, atau bahkan membiarkan kendaraan yang tidak layak tersebut dikendarai, pemilik PO dapat dikenakan sanksi berat, bahkan hukuman bui sampai dua tahun.

“Jadi kita intruksikan seluruh UPT terus memantau kelayakan kendaraan setiap hari. Jangan sampai kendaraan tak layak jalan beroperasi, itu sangat berbahaya,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close