2 Stasiun MRT Sediakan Park and Ride, Hindari Ganjil Genap DKI Jakarta

2 Stasiun MRT Sediakan Park and Ride, Hindari Ganjil Genap DKI Jakarta

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mulai hari ini kebijakan ganjil-genap kendaraan sudah mulai diberlaku di DKI Jakarta. Kebijakan tersebut berlaku terhadap 25 ruas jalan setiap Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB.

Untuk menghindari kawasan Ganji-Genap, MRT menyediakan lahan parkir kendaraan di dua stasiun yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

“Untuk #TemanMRT yang ingin menghindari kawasan Ganjil-Genap yang mulai diterapkan kembali hari ini, #TemanMRT bisa memanfaatkan Park and Ride yang berlokasi di dekat Stasiun Lebak Bulus Grab dan Stasiun Fatmawati,” tulis akun resmi @mrtjakarta, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Untuk MRT sendiri sudah mulai beroperasi sejak pagi hingga malam hari, dengan jeda waktu pemberangkatan yakni setiap lima menit.

“Selamat pagi #TemanMRT! Kondisi saat ini: MRT Jakarta jalur Lebak Bulus Grab – Bundaran HI beroperasi secara normal,” tulis akun tersebut.

“#INFO Hari ini MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00-22.00 WIB dengan selang waktu 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal,” tulis kembali.

Selain itu, untuk mencegah adanya penumpukan penumpang kereta. Berdasarkan foto yang diunggah akun @jktinformasi, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan sejumlah bus di beberapa stasiun.

Untuk di stasiun Bogor telah disediakan 35 unit bus bantuan dengan tujuan stasiun Juanda, Tanah Abang, Sudirman, Manggarai dan Tebet. Lalu, di stasiun Cikarang telah disediakan 10 unit bus dengan tujuan stasiun Sudirman dan Manggarai.

Kemudian, untuk di Stasiun Cilebut dan stasiun Bojong Gede masing-masing telah disediakan 4 unit bus dengan tujuan stasiun stasiun Juanda, Tanah Abang, Sudirman dan Manggarai. Lalu di Stasiun Botani Square telah disediakan 10 unit bus dengan tujuan stasiun Sudirman dan Juanda, sedangkan di stasiun Citayam disediakan 2 unit bus dengan tujuan stasiun Sudirman dan Manggarai.

Sementara itu, berdasarkan unggahan akun @CommuterLine, penumpang di stasiun Depok dan Citayam terpantau ramai lancar.

“#RekanCommuters Pantauan saat ini di St. Citayam pkl. 07:17 WIB flow penumpang terpantau ramai – Zona 1 Underpass, – Zona 2 Hall dalam Timur & Hall dalam Barat depan Underpass, – Zona 3 Hall luar Timur & Hall dalam Barat depan Tenan, – Zona 4 Hall dalam Barat depan Mushalla,” cuit akun tersebut.

“#RekanCommuters Pantauan saat ini di St. Depok pkl. 07.30 WIB flow penumpang terpantau ramai. – Zona 3 Hall Luar Depan Loket,” tulis kembali.

Berikut 25 ruas jalan yang diterapkan kebijakan Ganji-Genap :
1. Jalan Pintu Besar Selatan
2. Jalan Gajah Mada
3. Jalan Hayam Wuruk
4. Jalan Majapahit
5. Jalan Medan Merdeka Barat
6. Jalan M.H Thamrin
7. Jalan Jenderal Sudirman
8. Jalan Singsingamangaraja
9. Jalan Panglima Polim
10. Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang)
11. Jalan Suryopranoto
12. Jalan Balikpapan
13. Jalan Kyai Caringin
14. Jalan Tomang Raya
15. Jalan Jenderal S Parman (mulai simpang Jalan Tomang Raya sampai dengan Jalan Gatot Subroto)
16. Jalan Gatot Subroto
17. Jalan M.T Haryono
18. Jalan H.R Rasuna Said
19. Jalan D.I Panjaitan
20. Jalan Jenderal Ahmad Yani (mulai Jalan Bekasi Timur Raya sampai dengan Jalan Perintis Kemerdekaan)
21. Jalan Pramuka
22. Jalan Salemba Sisi Barat dan Timur (mulai dari simpang Jalan Paseban Raya sampai dengan simpang Jalan Diponegoro)
23. Jalan Kramat Raya
24. Jalan St. Senen
25. Jalan Gunung Sahari