Ekonomi

2.337 Buruh Dari 10 Perusahaan Belum Terima THR

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Sebanyak 2.337 pekerja di Jawa Timur telah mengadukan masalah pemberian THR dari 10 perusahaan di wilayah Ring 1 Jawa Timur ke Posko Pengaduan THR, hingga H-7 Lebaran, Jumat (8/6/2018).

Posko Pengaduan THR Jawa Timur 2018 adalah posko yang berdiri atas kerja sama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, Aliansi Buruh Jawa Timur (ABJ) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur.

Data Posko THR Jawa Timur 2018 menunjukkan, sejumlah pengaduan ini telah masuk sejak Posko ini dibuka pada 25 Mei lalu sampai H-7 lebaran, hari ini.

Kasus terbanyak yang diadukan ke Posko THR 2018, masih didominasi kasus-kasus yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni masalah yang dihadapi oleh para pekerja outsourcing di Jawa Timur.

Sebanyak 10 perusahaan di Jawa Timur yang dilaporkan, rata-rata melakukan modus-modus yang hampir sama dalam hal pembayaran THR yang seharusnya menjadi hak para pekerja.

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnakertrans Jatim Puspita mengatakan, dia telah menerima pengaduan itu dan akan segera menindaklanjutinya.

“Begini, karena saya baru tahu hari ini, ya, sore ini, setelah saya baru keluar dari Pelantikan (di Grahadi, red), kami akan koordinasikan dulu dengan teman-teman Tim Pengawas Ketenagakerjaan dan bidang HI (Hubungan Industrial),” ujarnya, Jumat (8/6/2018).

Puspita tidak bisa memastikan, kapan tindak lanjut atas pengaduan tersebut bisa dilakukan. Namun, berdasarkan koordinasi dengan Tim Posko THR Jatim 2018, Disnakertrans menjanjikan akan bergerak dalam waktu dekat.

Jamaluddin Koordinasi ABJ yang menyerahkan pengaduan dari Posko THR Jatim 2018 mengatakan, pihak Disnakertrans Jatim menjanjikan akan melakukan tindakan pada Senin (11/6/2018), setelah ada koordinasi dengan Setiajid Kepala Dinas Provinsi Jatim yang sedang berada di Jombang.

Jamaluddin dari ABJ mengatakan, pihaknya berharap tindak lanjut oleh Disnakertrans Jatim ini segera dilakukan supaya para pekerja pelapor segera mendapatkan THR sebelum hari-H Lebaran yang diperkirakan pada 15 Juni mendatang.

“Tujuan kami menyerahkan pengaduan dari Posko THR Jawa Timur 2018 ini supaya segera ada tindakan dan THR para pekerja cair sebelum lebaran. Sebenarnya, jumlah pelapornya sampai masih bertambah,” ujarnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close