Nasional

1,88 Juta Relawan Desa Lawan Covid-19 Terbentuk di 64.805 Desa

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menegaskan, semenjak ditemukannya pasien covid-19 pertama di Indonesia Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah menginisiasi terbentuknya Relawan Desa Lawan Covid-19 di 64.805 desa yang melibatkan 1,88 juta relawan.

Di depan sidang senat terbuka Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu (11/7/2020), Abdul Halim Iskandar menjelaskan, keberadaan relawan ini di antaranya mendata warga rentan sakit, penerima BLT Dana Desa, menegakkan protokol kesehatan, memantau mobilitas warga, penyemprotan disinfektan, membagikan masker, mendirikan rumah isolasi dan lain sebagainya.

“Hasilnya sangat efektif, sampai saat ini hanya ada 909 orang yang terpapar covid-19 itu berasal dari desa,” katanya.

Sedangkan langkah lain, Kementerian Desa PDTT juga telah memrioritaskan dana desa untukjaring pengaman sosial yakni Padat Karya Tunai Dana Desa (PKTD) dan BLT Dana Desa.

“PKTD menjadi salah satu amunisi menjelang rebound ekonomi desa yang dimulai dari desa wisata, produksi pertanian diikuti sektor ekoniomi lainnya,” katanya.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sabtu menerima penghargaan Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (Dr. Hc) dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam sebuah upoacara akademis yang dipimpin Rektor Prof. Sutrisna Wibawa.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close