Kesehatan

17 Wilayah Zona Merah Corona Beralih ke Oranye

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) mengumumkan dari total 514 wilayah administrasi di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia, ada 17 wilayah beralih dari zona risiko tinggi (merah) menjadi zona risiko sedang (oranye) per 5 Juli 2020.

“Terdapat 17 kabupaten/kota beralih dari zona risiko tinggi ke sedang, 10 kabupaten/kota dari zona risiko rendah ke hijau atau tidak ada kasus, 38 kabupaten/kota beralih dari zona risiko rendah ke sedang, dan 36 beralih dari zona risiko sedang ke rendah,” kata anggota tim pakar gugus tugas Dewi Nur Aisyah, Selasa (7/7).

Di antara 17 wilayah itu terdapat Jakarta Timur. Sehingga zona merah di Jakarta kini tinggal 3: Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Dia juga mengumumkan analisis mingguan periode 5 Juli 2020, terdapat pertambahan persentase zona hijau atau wilayah tanpa kasus sebanyak 20,2 persen dari seluruh 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

“Sedangkan persentase zona risiko lain, sebesar 34 persen berada di zona risiko rendah, yang ditandai warna kuning, 35 persen zona risiko sedang, atau warna oranye dan 10,7 persen zona risiko tinggi, atau warna merah,” ungkap dia.

Dewi menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan jumlah kabupaten/kota di Indonesia yang menempati beberapa zona risiko COVID-19.

“Per tanggal 5 Juli 2020 terdapat 61 kabupaten/kota yang tidak terdampak, 43 kabupaten/kota masuk ke dalam zona hijau di mana tidak ada kasus baru, 175 kabupaten/kota dengan risiko rendah, 180 kabupaten/kota dengan risiko sedang, dan 55 kabupaten/kota dengan risiko tinggi,” katanya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close