Lintas DaerahPeristiwa

17 Orang Korban Tewas Banjir & Longsor Bengkulu, BNPB Salurkan Rp 2,25 M

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, jumlah korban tewas bencana banjir dan longsor di Bengkulu bertambah menjadi 17 orang. Bantuan senilai Rp 2,25 miliar telah disalurkan ke lokasi bencana.

Berdasarkan data per Minggu (28/4/2019) pukul 19.00 WIB, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyebut jumlah korban mencapai 17 orang tewas, dua orang luka berat, dua orang luka ringan, dan sembilan orang hilang.

“Sebaran dari 17 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah 11 orang, Kota Bengkulu tiga orang, dan Kabupaten Kepahiang tiga orang,” tuturnya, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (28/4/2019).

Bencana yang menerjang 9 kabupaten/kota di Bengkulu itu, lanjut Sutopo, juga mengakibatkan 13 ribu orang terdampak bencana, dengan 12 ribu orang di antaranya mengungsi.

“Jumlah ternak yang mati sebanyak 106 ekor sapi, 102 ekor kambing/domba dan empat ekor kerbau. Sedangkan kerusakan fisik meliputi 184 rumah rusak, tujuh fasilitas pendidikan, dan 40 titik sarana prasarana infrastruktur,” urainya.

Untuk membantu operasional penanganan darurat, kata Sutopo, Kepala BNPB Doni Monardo telah menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp 2,25 miliar kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

“Selanjutnya dana siap pakai tersebut akan diberikan kepada BPBD kabupaten/kota sesuai tingkat kerusakan akibat bencana,” tandasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close