Lintas Daerah

154 Kelurahan Surabaya Terima Dana APBD Rp 450 Miliar

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Memasuki tahun politik 2019, Dana Kelurahan di Kota Surabaya, untuk tahun anggaran 2019 diperkirakan mencapai RP450 miliar atau 5 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dikurangi Dana Alokasi Khusus.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, mengatakan dalam evaluasi Gubernur Jatim terhadap APBD Surabaya 2019, meminta Pemkot Surabaya mengalokasikan dana kelurahan nilainya sekitar 5 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Di Surabaya, dengan APBD-nya Rp9 triliun nilainya sekitar Rp450 miliar. Jika dibagi 154 kelurahan, masing-masing kelurahan menerima Rp3 miliar,” kata Adi Sutarwijono, Rabu (2/1/2019).

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mendorong pemkot untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang Program Dana Kelurahan yang merupakan amanat dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kemudian diterjemahkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

“Pada Pasal 30 disebutkan bahwa dana kelurahan penggunaannya untuk pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menyampaikan program dana kelurahan merupakan kebijakan pemerintahan Jokowi, disamping dana desa yang sudah berjalan. Program tersebut dikeluarkan, seiring banyak keluhan yang berkaitan dengan anggaran di kelurahan.

“Selama ini di Surabaya, dari forum musrenbang di kelurahan sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar. Dana itu masih relatif kecil,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close