104 Tenaga Medis di Jayapura Positif Covid-19, Warga Abaikan Protokol Kesehatan

104 Tenaga Medis di Jayapura Positif Covid-19, Warga Abaikan Protokol Kesehatan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Akibat sebagian warga tidak mematuhi imbauan protokol kesehatan, 104 tenaga medis di Kota Jayapura, Papua, terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua, dr Donald Arronggear, membenarkan kondisi tersebut. Sebab banyak warga belum disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Ada 29 dokter dari 104 tenaga kesehatan yang bertugas di Kota Jayapura terjangkit Covid-19,” kata Arronggear di Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/8/2020).

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) perlu lebih banyak melakukan edukasi kepada warga agar dalam berkegiatan tetap mentaati protokol kesehatan. Selain itu ada tindakan tegas bagi para pelanggarnya.

Untuk upaya penanganan kasus Covid-19 yang terus meningkat, dia meminta Pemerintah Provinsi Papua menyediakan alat tes Covid-19 metode polymerase chain reaction (PCR ) di RSUD Jayapura dan Abepura.

“PCR di rumah sakit dapat mengurangi waktu tunggu atau antrean pemeriksaan mengingat jumlah warga yang positif corona terus meningkat,” katanya.