10 Saham ini Diburu Asing dalam Sepekan, Mana yang Layak Dilirik?

10 Saham ini Diburu Asing dalam Sepekan, Mana yang Layak Dilirik?
IHSG

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,18% ke level 5.100,87 pada perdagangan Selasa (15/9). Dalam sepekan, IHSG sudah terkoreksi 2,73%.

Di tengah melemahnya IHSG, masih ada sejumlah saham yang diborong asing dalam sepekan terakhir. 

Mengutip data dari RTI, dalam sepekan ini investor asing banyak menjual saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dengan nilai Rp 561 miliar, kemudian PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) (BFIN) Rp 33 miliar, PT United Tractors Tbk (UNTR) 561 miliar, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) Rp 15,5 miliar, PT Galva Technologies Tbk (GLVA) 8,3 miliar, dan PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP) dengan nilai Rp 45,6 miliar.

Selanjutnya saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCID), PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA), PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV), dan PT Indo-Rama Synthetics Tbk (INDR) juga masuk dalam daftar saham-saham yang banyak dikoleksi oleh investor asing.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, dari saham-saham tersebut investor bisa mempertimbangkan saham TOWR, UNTR, MAPI, IPTV, dan LPPF.

"Dari sisi bisnis, tentunya masih ada kontinuitasnya seiring bisnis yang mereka jalankan. Misalnya, UNTR dengan tambang emasnya di saat permintaan alat berat sendang dalam tren turun," kata Reza.

Kemudian, TOWR juga mempunyai prospek yang cukup cerah lantaran berkecimpung di bisnis menara yang saat ini terdorong dengan kian banyaknya permintaan data dari industri telkomunikasi. 

Selain dari segi bisnisnya masih oke, menurut Reza saham-saham tesebut juga terbilang likuid serta marak ditransaksikan.