Lintas DaerahTak Berkategori

10 Daerah di Jatim Rawan Kekeringan Tanaman Padi

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Memasuki musim kemarau, Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Jatim menyebut ada 10 daerah yang masuk dalam kategori cukup rawan, rawan dan sangat rawan kekeringan pada tanaman padi di Jatim tahun 2019.

Untuk daerah sangat rawan kekeringan adalah Lamongan, Bojonegoro dan Pacitan. Sedangkan daerah rawan adalah Tuban. Kemudian, untuk cukup rawan adalah Ngawi, Tulungagung, Madiun, Gresik, Mojokerto dan Lumajang.

“Bu Gubernur telah memerintahkan kepada semua OPD untuk mengambil langkah antisipasi bencana kekeringan, khususnya yang berdampak pada pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Jatim, Hadi Sulistyo, Rabu (26/6/2019).

Hadi menjelaskan kondisi kekeringan pada tanaman padi musim tanam tahun 2019 (periode pelaporan hingga 24 Juni 2019). Yakni, total luas tanaman padi 1.871.219 hektare, luas tanaman padi yang terkena kekeringan 24.633 hektare, luas tanaman padi yang terkena puso 983 hektare, persentase luas tanaman padi yang terkena kekeringan terhadap luas tanam 1,32 persen dan persentase luas tanaman padi yang terkena puso terhadap luas tanam per musim tanam 0,05 persen.

Pihaknya telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi menghadapi bencana kekeringan di Jatim bagi pertanian.

Yakni, mempersiapkan penggunaan varietas tahan kering, mengoptimalkan pemanfaatan lahan basah (rawa dan
lebak), menjaga ketersediaan cadangan beras pemerintah, menjaga stabilitas harga bahan pangan dalam negeri, memastikan ketersediaan irigasi dan air sanitasi, memastikan fungsi sarana dan prasarana pertanian dan irigasi dengan baik, misal embung, bendungan dan lainnya.

Kemudian, sosialisasi dan diseminasi sampai kepada kelompok tani, meliputi informasi musim, peta daerah rawan kekeringan dan kalender tanam.

“Kami juga akan memfasilitasi pemenuhan sarana produksi, antara lain benih atau bibit dan lainnya. Juga, menjamin cadangan benih pemerintah,” paparnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close